Jumat, 31 Juli 2015

Kegiatan Latihan Rutin Pramuka Pandega

Kegiatan Latihan Rutin Pramuka Pandega ini merupakan artikel lanjutan dari tulisan sebelumnya (Baca : Kegiatan dan Latihan Pramuka Pandega) dan pada tulisan kali ini admin akan fokuskan pada Latihan latihan pramuka pandega yang biasanya dilaksanakan di tingkat Racana masing masing. Artikel ini juga merupakan petikan dari tulisan yang dipublikasikan di situs blog http://www.senaya.web.id  yang menurut admin Pramuka Indonesia adalah artikel penting yang harusnya dipahami oleh setiap anggota pramuka, khususnya pramuka pandega.
Kegiatan Pramuka, Melatih Kekompakan

Kegiatan Latihan Rutin

1. Mingguan

Kegiatan latihan dimulai dengan: 
  • Upacara pembukaan latihan.
  • Pemanasan dapat dilakukan dengan permainan ringan, ice breaking, diskusi mengenai program Racana atau kegiatan bakti masyarakat, atau sesuatu yang sifatnya menggembirakan tetapi tetap mengandung pendidikan. 
  • Latihan inti, dapat diisi dengan diskusi buku, ceramah berbagai persoalan, kecakapan teknis pramuka, kegiatan hasta karya dan kegiatan usaha (membuat kue, mainan anak-anak, menjahit pakaian, merenda, merajut, membordir, membatik, melukis, memotret, elektronik sederhana). 
  • Latihan penutup, dapat diisi dengan permainan ringan, menyanyi, atau pembulatan dari materi inti yang telah dilakukan. 
  • Upacara penutupan latihan. Pembina Upacara menyampaikan rasa terima-kasih dan titip salam pada keluarga adik-adik Pandega, dan memberi motivasi kepada Pandega agar tetap menjadi warganegara yang berkarakter.
2. Bulanan/dua bulanan/tiga bulanan/menurut kesepakatan.  
Kegiatan ini dapat diselenggarakan atas dasar keputusan Dewan Pandega dan Pembinanya, dengan jenis kegiatan yang biasanya berbeda dengan kegiatan rutin mingguan. Kegiatan rutin dengan interval waktu tersebut biasanya dilakukan ke luar dari pangkalan gugusdepan; misalnya kegiatan bakti masyarakat (penyuluhan, kebersihan dan kesehatan lingkungan, HIV, tanggap bencana, membantu badan-badan sosial, membantu di rumah piatu, dll), dan juga kegiatan yang bersifat menyenangkan dan menantang seperti: hiking, rowing, climbing, mountaineering, junggle survival, orientering, swimming, kegiatan-kegiatan permainan high element, dan low element, praktek pionering yang sebenarnya, first aids, berkemah. 

3. Latihan Gabungan (Latgab). 
Pada hakekatnya latihan gabungan ini adalah latihan bersama dengan gugusdepan lain, sehingga terdapat pertukaran pengalaman antara Pandega dengan Pandega, Pembina dengan Pembina. Materi kegiatannya bisa sama dengan kegiatan Bulanan/ dua bulanan / tiga bulanan/ menurut kesepakatan.

Kegiatan Latihan Rutin Pramuka Pandega Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hadhara Rizka

0 komentar:

Posting Komentar

Salam Pramuka Kakak !
Silahkan Tinggalkan Komentar Yang Bermanfaat, Agar Pramuka Semakin Bermartabat. Bagikan Artikel Ini Kepada Sahabat Tunas Kelapa Lainya :)

Salam Pramuka, Untuk sahabat Pramuka yang ingin mendapatkan materi dan informasi pramuka secara terupdate silahkan isi email di kotak dan klik submit :