Senin, 09 Februari 2015

Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Pembina Pramuka

Pembina Pramuka adalah faktor penting yang berperan aktif dalam membentuk kualitas peserta didik yang bergabung dengan pramuka, sehingga Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Pembina Pramuka penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh pembina pramuka.

Kali ini pramukaindonesia.com akan mengulas materi pramuka tentang peran, tugas dan tanggung jawab seorang pembina pramuka yang ideal, profesional untuk pembina siaga, penggalang, penegak dan pandega sekalipun. 

Peran Pembina Pramuka Besar Bagi Peserta Didik

Peran Pembina Pramuka   

  • Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang langsung bergiat bersama peserta didik, membimbing, memberikan dukungan dan fasilitas agar para peserta didik dapatn bergiat dengan teman-teman dalam satuannya dengan riang gembira, tekun, terjamin keselamatannya, sehingga acara kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar dan menghasilkan kepuasan batin pada semua peserta didik.
  • Dalam memberikan bimbingan dan bantuan agar peserta didik dapat melaksanakan kegiatan sebagaimana yang diharapkan, Pembina Pramuka menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kiasan Dasar dan Sistem Among, sehingga lewat kegiatan yang disajikan Pembina Pramuka dapat mendidikan sikap dan perilaku yang dilandasi kematangan spiritual, pisik, intelektual, emosional dan sosial.
  • Pembina Pramuka hendaknya peka terhadap kebutuhan peserta didiknya, menerima dan mau mengerti (acceptance-understanding) terhadap kebutuhan peserta didik. Pembina Pramuka sebagai pelaksana kebijakan Gerakan Pramuka yang terdepan mengemban tugas untuk memberikan pendidikan agar peserta didik menjadi: 1) manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, 2) warga negara Rebuplik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara kesatuan rebuplik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna. 
  • Dengan demikian peranan Pembina Pramuka dapat disimpulkan, sebagai berikut: 1) Pembina Pramuka adalah anggota dewasa yang terlibat langsung dalam kegiatan kepramukaan dengan memperhatikan terpenuhinya kebutuhan peserta didik, ialah terciptanya kegiatan yang bersifat kekinian, menarik, dan menantang. 2) Pembina Pramuka dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Sistem Among, mendayagunakan kegiatan peserta didik menjadi media pendidikan. 3) Pembina Pramuka adalah sukarelaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam kepramukaan dan sebagai mitra peserta didik sangat peduli terhadap kebutuhan mereka, serta dengan penuh kesabaran: memotivasi, membimbing, membantu dan memfasilitasi kegiatan sehingga kegiatan peserta didik dapat berjalan dengan lancar, sukses dan terjaga keselamatannya.
Baca Selanjutnya : Tugas Pembina Pramuka

Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Pembina Pramuka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hadhara Rizka

0 komentar:

Poskan Komentar

Salam Pramuka Kakak !
Silahkan Tinggalkan Komentar Yang Bermanfaat, Agar Pramuka Semakin Bermartabat. Bagikan Artikel Ini Kepada Sahabat Tunas Kelapa Lainya :)

Salam Pramuka, Untuk sahabat Pramuka yang ingin mendapatkan materi dan informasi pramuka secara terupdate silahkan isi email di kotak dan klik submit :