Jumat, 14 November 2014

Satuan Pramuka Penggalang dan Kegiatanya

Setelah Mengenal Pramuka Penggalan tulisan sebelumnya, kali ini kita membahas sedikit tentang Satuan Pramuka Penggalang Serta kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh golongan pramuka penggalang

Pengorganisasian Pramuka Penggalang

Pramuka Penggalang Sedang Berbaris Rapi
Didalam menjalankan Fungsi Pramuka, penggalang sebagai salah satu golongan pramuka juga diatur dengan pengorganisasian yang rapi. Satuan terkecil pramuka penggalang disebut dengan "regu". Untuk memberi nana regu, regu putra dinamai dengan nama Hewan seperti Regu Harimau, Regu Elang, Regu Rajawali, dan lain sebagainya, sedangkan untuk Regu putri diberikan nama bunga bunga seperti Regu melati, regu mawar, regu tratai dan lain sebagainya.

1 Regu Pramuka yang terdiri dari 5 s.d 10 orang di pimpin oleh Pimpinan Regu disingkat Pinru dan Seorang Wakil Pimpinan Regu disebut disingkat Wapinru untuk menjalankan regunya. 

Pinru mempunyai hak dan kewajiban antara lain: membantu pembina dalam melatih anggota regunya, merencanakan kegiatan bagi regunya, memilih wakil pemimpin regu, menjadi anggota Dewan Penggalang, serta memilih Pemimpin Regu Utama (Pratama).

Empat regu dihimpun dalam satuan yang lebih besar yang dinamakan ‘pasukan’. Pasukan dipimpin oleh seorang Pemimpin Regu Utama atau disebut Pratama. Pratama sendiri dipilih dari dan oleh para pimpinan regu anggota pasukan tersebut. Dalam kegiatannya, pasukan dibimbing oleh seorang pembina penggalang dengan dibantu oleh dua pembantu pembina. Berbeda dengan siaga, pembina dan pembantu pembina penggalang dipanggil dengan sebutan ‘kakak’ baik untuk putra maupun putri.

Dalam pasukan juga dibentuk ‘Dewan Pasukan Penggalang’ atau ‘Dewan Penggalang’. Dewan ini bertugas mengurus dan mengatur kegiatan-kegiatan Pasukan Penggalang serta mengurusi tata tertib dan tata usaha Pasukan. Dewan Penggalang beranggotakan semua Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu dalam sebuah pasukan yang diketuai oleh Pratama. Sedangkan pembina dan pembantu pembina bertindak sebagai penasehat dan pembimbing namun mempunyai hak untuk mengambil keputusan akhir.

Selain itu juga terdapat Dewan Kehormatan bertugas membina kepemimpinan dan rasa tanggung jawab para pramuka seperti menentukan pelantikan, pemberian TKK dan Tanda Penghargaan, Pelantikan Pinru, Wapinru dan Pratama, menentukan tindakan atas pelanggaran kode Kehormatan dan merehabilitasi anggota Pasukan. Ketua Dewan Kehormatan adalah Pembina Penggalang, wakilnya Pembantu Pembina dan sekretarisnya Pinru. 

Kegiatan Pramuka Penggalang


Apa saja kegiatan kegiatan yang diikuti oleh Pramuka Penggalang? 

Ada Jambore mulai dari ranting sampai tingkat nasional (baca Struktur Organisasi Gerakan Pramuka), Lomba Tingkat, Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), Forum Penggalang, Penjelajahan, JOTA (Jamboree on the Air), JOTI (Jamboree on the Internet), dan perkemahan lain.

Cukup sampai disini bahasan kita tentang Satuan Pramuka Penggalang dan Kegiatanya , semoga Pramuka Indonesia. Nantikan tulisan lainya di Situs Ini. 

Satuan Pramuka Penggalang dan Kegiatanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hadhara Rizka

1 komentar:

  1. Teknologi tepat guna, sangat diperlukan, terutama teknologi peralatan kebutuhan sehari-hari.

    BalasHapus

Salam Pramuka Kakak !
Silahkan Tinggalkan Komentar Yang Bermanfaat, Agar Pramuka Semakin Bermartabat. Bagikan Artikel Ini Kepada Sahabat Tunas Kelapa Lainya :)

Salam Pramuka, Untuk sahabat Pramuka yang ingin mendapatkan materi dan informasi pramuka secara terupdate silahkan isi email di kotak dan klik submit :